Waspada Modus Pencurian Akun PUBG Mobile dengan Metode Phising

modus pencurian akun pubg mobile

Dalam rangka memanjakan pemain dan membuat mereka semakin betah, developer game sering memberikan penawaran berupa hadiah kecil sebagai imbalan untuk memainkan gamenya.

Game shooter multiplayer, PUBG Mobile, baru saja memulai musim baru, dengan item, monster, dan mekanika terbaru dari game populer lainnya, Metro: Exodus.

Seperti yang sering terjadi, para pelaku kejahatan cyber, seperti scammer tidak melewatkan peluang bagus untuk memanfaatkan aktivitas game baru.

Kaspersky telah mengidentifikasi setidaknya ada 260 halaman phishing yang menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk memenangkan item baru.

Nah, untuk mendapatkan hadiah tersebut, pengguna hanya perlu mengirimkan akun gamenya melalui profil Twitter atau Facebook.

Setelah entri gagal, pengguna akan diminta untuk memberikan informasi tambahan, termasuk nama alias di dalam game, nomor telepon hingga detail pribadi lainnya.

Akibatnya, para scammer tidak hanya mendapatkan akun media sosial pengguna tetapi juga detail pribadinya. Semua upaya tersebut bertujuan untuk menjual akun game pengguna dan mendapatkan keuntungan.

"Para pelaku kejahatan cyber jelas mempersiapkan diri mereka dengan sangat baik untuk menyambut musim permainan baru. Laman phishing yang kami temukan dirancang dengan cara yang sangat meyakinkan, baik dalam desain maupun antarmuka, yang biasanya sangat familiar bagi para gamer," komentar Tatyana Shcherbakova, pakar keamanan di Kaspersky.

Tips Menghindari Phishing


Supaya kamu tidak menjadi korban phising, ingat dan terapkan beberapa tips di bawah ini, ya!
  • Jangan ikutan undian apapun, selain dari situs game resmi.
  • Periksa informasi melalui sumber resmi! Jika aktivitas itu benar-benar ada, maka para pengembang game pastinya tidak akan merahasiakan.

Walaupun demikian, skema yang dilancarkan oleh para penjahat cyber terkadang bisa sangat meyakinkan, apalagi jika tidak melihatnya dengan lebih teliti, kemungkinan kamu tidak akan mengenali penipuan tersebut.

Jadi, sangat disarankan agar menggunakan solusi keamanan andal yang tidak akan membiarkan kamu untuk mengunjungi laman website yang ternyata phishing.

Comments

Popular posts from this blog

Anime Festival Asia SIngapore Online Diumumkan, Akses Gratis via YouTube

NMA S2 Final Stage